Publish: 17 April 2010 | Author & Copyright: Miko | Status: FREE tutorial
Dalam Tutorial kali ini akan membahas bagaimana membuat animasi sederhana dengan mode Frame by frame yaitu animasi dengan membuat gambar perframe beda halnya dengan Motion Tweening teknik frame by frame memerlukan waktu yang cukup banyak karma dalam setiap frame kita harus membuat gambar yang tidak sama, pada tutorial kali ini objek yang akan kita gunakan yaitu sebuah ilustrasi burung dan aplikasi yang digunakan yaitu Macromedia Flash MX Professional 2004
Langkah pertama yaitu buatlah gambar ilustrasi burung sebanyak 3 kali dengan menggunakan Toolbox Brush Tool
Untuk membuatnya perhatikan gambar dibawah ini
Buatlah ilustrasi gambar burung dengan brush tool bisa juga menggunakan Pen Tool
Sebelum menginjak langkah selanjutnya copy gambar yang sudah dibuat tadi, tujuannya yaitu agar kita tidak usah repot-repot membuat badan burung lagi jadi pada akhirnya kita tinggal paste gambar setelah itu nanti hanya menambah bentuk sayap yang berbeda saja
buatlah sayap pada bagian atas , pada bagian ini kita sedang membuat gambar 1
Masuk ke pembuatan gambar kedua buatlah bentuk sayap di bawah
Untuk gambar yang terakhir buatlah sayap diatas punggung burung tetapi agak rendah sedikit, jika sudah selesai tinggal pewarnaan pada gambar
burung
langkah selanjutnya yaitu pembuatan animasinya pada gambar 1 letakkan dikeyframe pertama , atur posisi gambar sesuai keinginan anda asal semua gambar harus di 1 posisi yang sama semua
buatlah Keyframe dengan cara klik kanan frame kedua >> pilih Insert Keyframe, setelah itu masukan Gambar 2
buatlah Keyframe dan masukan gambar 3 keposisi yang sudah kita tentukan tadi
langkah selanjutnya blok semua Frame yang telah kita buat >> klik kanan dan pilih Copy Frame. Kemudian Paste ke frame selanjutnya
Hasilnya bisa dilihat dengan cara pilih Menu Control >> pilih Play atau Ctrl+Enter
Hasilnya:
Animasi Burung Terbang :)
SEMOGA BERMANFAAT
Membuat Taman MATAHARI
Publish: 4 Desember 2009 | Author & Copyright: Muhammad Ichwan | Status: FREE tutorial
Tutorial kali ini adalah Tutorial Membuat taman MATAHARI, disini saya menggunakan Macromedia Flash 8...
1. Buka program flash 8
Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels.
Ganti warna bacground menjadi warna warna biru #0099FF
2. buat 4 layer yaitu dengan nama: Rumput hijau, tiang, kotak nama, matahari
3. Di layer rumput hijau Klik rectangle tool ,untuk membuat rumput hijau dengan mendragnya ke stage seperti gambar dibawah ini.
4. Klik di frame 1 pada layer: tiang lalu gunakan rectangle tool lagi untuk membuat tiang penunjuk arah ,
setelah selesai pembuatan tiangnya maka untuk pemberian garis tiang dan arah gunakanlah line tool setelah itu tekan tombol F8 dan beri nma tiang_mc
lihat gambarnya:
5. sekarang klik frame 1 pada layer: kotak nama
Ganti fill color menjadi warna putih dan strokenya hitam lalu tekan tombol F8 dan beri nama Kotaknama_mc dan copy menjadi 4 lalu sesuaikan dengan gambar dan beri nama : jl. Grafis, jl.animasi, jl.film, jl.kartun.
lihat gambarnya:
6. langkah terakhir, klik frame 1 di layer matahari ganti warna fill color menjadi #FFFF00 dan stroke dijadikan none gunakan rectangle tool
Untuk mebuat perputaran matahari buat 8 kotak panjang lalu urutkan seperti gambar lalu tekan F8 dan beri nama sun_mc
lihat gambarnya:
7. Klik 2 kali pada objek sun_mc dan akan terlihat seperti gambar ini
8. buat 1 layer lagi dan beri nama bulat
klik di frame 1 layer: bulat dan klik oval tool untuk membuat objek lingkaran klik kanan > insert keyframe di frame 60 lalu klik
klik kanan create motion tween di frame 30.
lihat gambarnya:
9. klik di frame 1 layer 1
klik kanan > insert keyframe di frame 60
lalu klik pada frame 30 , klik di propertiesnya
10. agar matahari terlihat dibelakang pindahkan layer matahari di paling bawah….
untuk membuat rumputnya gunakan line tool buat seperti gambar
Selamat Mencoba>>>>@_@
Untuk melihat hasilnya tekan Ctrl + enter
hasilnya:
Taman Matahari ilmuGRAFIS
Selamat mencoba Tutorial Flash
Semoga berhasil…
Membuat Animasi Ombak
Publish: 30 November 2009 | Author & Copyright: Muhammad Ichwan | Status: FREE tutorial
Tutorial kali ini adalah Tutorial Membuat ombak di flash, disini saya menggunakan Macromedia Flash 8...
1. Buka program flash 8
Ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels.
Ganti warna bacground menjadi warna hitam
2. Ganti warna fill color menjadi #336699 dan warna stroke dijadikan none
3. Klik rectangle tool untuk membuat airnya dengan mendragnya ke stage seperti gambar dibawah ini.
4. Klik kanan di frame 15 lalu klik insert keyframe, Ubah gambar airnya dengan cara tarik ke atas menggunakan selection tool yang sebelah kiri
Gambarnya :
7. Klik di frame 1 lalu pilih tween shape
gambarnya
Di frame 35 klik kanan insert keyframe, Ubah gambarnya seperti ini>>
8. Klik Di frame 15 pilih tween shape
9. Lalu copy frame 1
caranya : klik kanan pada frame 1 dan pilih Copy Frames
kemudian Pastekan di frame 60
10. Klik Di frame 35 pilih tween shape
Seperti gambar dibawah ini:
Selamat mencoba...(@_@)
Jika semua sudah selesai tinggal kita menekan ctrl + enter dan nikmati hasilnya
animasi ombak
Selamat mencoba Tutorial Flash
Semoga berhasil…
Animasi Sederhana dengan Motion Tweening
Publish: 12 November 2009 | Author & Copyright: Miko | Status: FREE tutorial
Halo semua !! Apa kabar bertemu lagi dengan saya miko ^ ^. Nah pada kesempatan kali ini di tutorial flash ini kita akan membahas membuat animasi sederhana menggunakan motion tweening. Langsung saja ya.. Kita buka program Flash dulu
Langkah pertama, yaitu buat 3 layer. Karna kita di sini hanya menggunakan sedikit layer untuk membuat animasi. Agar proses lebih mudah membuat layer lihat gambar di bawah, di sana ada menu di lingkari dengan warna merah .. Nah klik sebanyak 2 kali maka dengan mengeklik 1 kali kita membuat 1 layer klo 2 otomatis 2 layer
Nah selanjutnya, beri nama masing-masing layer seperti yang sudah dicontohkan gambar dibawah ini. Agar memudahkan proses pembuatannya
Kemudian ubah warna backgoundnya menjadi hitam, biasanya di awal-awal kita membuka flash bacgroundnya berwarne putih klo belum di rubah setingannya
Setelah itu klik layer teks dan buat tulisan seperti yang saya contohkan atau sesuka hati kalian .. Pakek punyaku juga boleh…
Setelah itu klik layer bola , dan buat bentuk bola denga warna putih
Pembuatan objeknya sudah selesai kini kita menginjak ke animasinya, buatlah frame sepanjang 90 -> kemudian klik kanan lalu pilih insert frame
Jika sudah semua hasilnya kurang lebih seperti ini
Setelah itu kita buat animasi motion tweening , sebagai objeknya layer bola
Buatlah keyframe , seperti yang saya contohkan >> kemudian klik kanan>>pilih insert keyframe
Setelah langkah di atas selesai, drag layer bola / drag objek bolanya dengan menekan tombol “ v “ di keyboard >>kemudian klik gambar bolanya
Setelah geser bolanya ( jangan menggeser menggunakan mouse pakai saja tanda panah kanan di keyboard agar posisinya tidak berubah )
Klo sudah selesai hasilnya seperti gambar yang di atas
Lanjut ke langkah berikutnya, kita menuju ke layer bola>>klik kanan di dalam frame / seperti gambar di bawah ini>>kemudian pilih create motion tween
Setelah selesai klik juga frame ke 90 caranya>>klik kanan frame yg sudah kita buat>>pilih create motion tween
Semua juga sama buat semua layer di rubah menjadi motion tweening
Hasilnya: kira2 seperti ini:
Jika semua sudah selesai tinggal kita menekan ctrl+enter dan nikmati hasilnya
Selamat mencoba Tutorial Flash ini teman..
Semoga berhasil…
Salam hangat miko ilmugrafis
SEMOGA BERMANFAAT
Animasi Shine - Mobil Mengkilap Bercahaya
Publish: 17 Januari 2009 | Author & Copyright: Inchan | Status: FREE tutorial
Flash merupakan program untuk membuat animasi yang handal, Tutorial Flash kali ini adalah membuat efek animasi shine dan membuat mobil mengkilap bercahaya...
Para Pembaca yang budiman, belum punya mobil yang mengkilap tapi ingin membuat mobil anda jadi mengkilap tanpa biaya nah cuma di ilmugrafis kumpulan tutorial flash dengan tema mobil mengkilap bercahaya.
Langkah - Langkahnya:
1. Masukkan (import) gambar ke dalam stage
misalnya gambar mobil seperti gambar di bawah ini
2. Setelah gambar berada pada stage, atur besarnya stage sesuai dengan ukuran gambar yang telah di import tadi misalnya 500 px (width) dan 315 px (height)
3. Ganti nama layer1 menjadi mobil
4. Tambahkan satu layer baru, kemudian ganti layer tersebut dengan nama efek.
5. Klik icon rectangle tool ( tekan huruf R di keyboard ), kemudian gambar persegi panjang melebihi gambar mobil, seperti gambar di bawah ini.
6. Klik gambar persegi panjang yang telah dibuat tadi, kemudian ubah warna persegi panjang seperti gambar di bawah ini
7. Kemudian untuk mendapatkan efek cahaya yang mengkilap, lakukan pengaturan warna persegi panjang seperti gambar di bawah ini
8. Efek mengkilap telah selesai dibuat, kemudian langkah selanjutnya, tambahkan satu layer lagi, kemudian ganti nama layer tersebut dengan animasi
9. Masih di layer animasi kill icon Pen tool
10. Kemudian buatlah bagian yang akan dianimasikan misalnya seperti gambar di bawah ini.
11. Setelah area yang dianimasikan selesai dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu klik kanan pada layer animasi pilih menu mask
12. Klik frame 30 pada setiap layer, kemudian tekan F6 untuk memberikan insert keyframe
13. Klik kanan antara frame 1 – 30 pada layer efek, kemudian pilih menu create motion tween
14. Klik frame 30 pada layer efek, kemudian pindahkan gambar persegi panjang ke sebelah kanan dari gambar mobil, seperti gambar di bawah ini
15. Tekan ctrl + enter untuk melihat hasilnya…
Preview in image mode
Preview in Animation Mode
Cling.. Cling.. Mobil Bersinar Mengkilap ^_^
Enjoy it…………
SEMOGA BERMANFAAT
Memasukkan dan Menyesuaikan Gambar dengan Stage
Publish: 29 Juli 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial
Bagi yang masih awam tentang Flash saya akan berbagi tips, Seringkali kita menemui kendala dalam menyesuaikan ukuran gambar dengan ukuran Stage...
Namun sebelum itu masukkan dulu gambar ke dalam Stage dengan menggukanan
File > Import > Import To Stage...
Atau tekan CRTL + R > Pilih Gambar > OK
Apa kendala yang muncul???
Kendala - kendala itu adalah:
Ukuran gambar lebih besar daripada ukuran Stage, atau ukuran Stage yang Lebih besar daripada ukuran gambar...
Contoh Kasus:
ukuran Stage yang Lebih besar daripada ukuran gambar
(Ket: Kanvas Putih adalah Stage)
Contoh Kasus:
Ukuran gambar lebih besar daripada ukuran Stage
(Ket: Kanvas Putih adalah Stage)
Apa yang harus kita lakukan????
Tenang... Caranya sangat mudah...
Langkah Convensionalnya adalah dengan Menggunakan Free Transform Tool (Q) dan Selection Tool namun cara ini kurang efektif...
Cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan menggunakan pengaturan Properties
Klik Properties
Kemudian Klik Gambar pada Stage agar muncul pengaturan seperti ini:
Ini dia rahasianya... W dan H
W= Weight=Lebar
H=Height=Panjang
X=Menunjukkan Selisih Gambar dengan Stage secara Horisontal / Sumbu X
Y=Menunjukkan Selisih Gambar dengan Stage secara Vertikal / Sumbu Y
Misal:
Jika kita mempunyai ukuran Stage 400 x 300 px
Maka agar sesuai dengan Stage nilai W dan H harus diubah mengikuti ukuran Stage
W= 400
X= 300
dan agar posisinya sejajar dengan Stage maka X dan Y harus diubah ke 0
X= 0
Y=0
Nah Dengan Pengaturan Tersebut maka Stage = Gambar
Ok LEts Practice With Auron - Final Fantasy X
Nantikan Tips dan Trik berikutnya... Hanya di ilmugrafis.com
Membuat Animasi Sederhana dengan Permainan Keyframe
Publish: 25 Juni 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial
Flash merupakan Software animasi yang hebat, kali ini saya akan mencoba membuat tutorial yang sederhana yaitu membuat animasi sederhana dengan permainan keyframe...
Ini berawal dari keisengan saya mengutak atik software ini, ya namanya juga baru belajar jadi maaf bila ada yang kurang jelas disini, hehehe...
Ok, mari kita coba mulai saja...
Langkah 1
Buka Program Flash MX kamu
Lalu pilih new... Flash Document
Langkah 2
Menentukan besarnya STAGE (coba pelajari dulu layout Flash agar lebih paham)
Caranya:
1. Klik Size pada Properties
2. Akan Muncul Document Properties
Atur dimensions:
disini saya menggunakan 300 x 200 px
3. Tekan OK
Langkah 3
1. Tekan R pada keyboad lalu gambar kotak di Stage
2. Lakukan pewarnaan dengan menekan V pada keyboard dan klik kotak lalu pilih Fill yang ada tanda nomor 2 di gambar
3. Pilih warna disini saya menggunakan warna biru dongker dengan nilai hexadecimal #000066
Langkah 4
Tekan T pada keyboard untuk menggunakan Text Tool lalu ketik terserah namun disini saya mengeti huruf "F"
Langkah 5
Lihat Kotak Timeline
Di situ kita akan bermain... ;P
Baiklah sekarang tekan F5 pada keyboard... hasilnya frame akan bertambah
hal ini untuk mengatur ritme dari animasi
OK tekan sebanyak 5 X
Hasilnya:
lalu Tekan F6 pada keyboard... hasilnya key Frame (untuk animasi) akan muncul
jika sudah tambahkan huruf pada stage
Ulangi Langkah 5 dan 6 (Terus tambahkan huruf sehingga membentuk tulisan FLASH
tutorial Flash
OK!!!
Untuk melihat hasilnya... berdoa dulu ya... Tekan CTRL + Enter
Hasilnya:
Flash animasi,,, Siapa takut!!!
Jika ada saran maupun kritik... kontak penulis Johan - ilmugrafis
"Dare to Dream, Sometime A Dreamer Can Create A Future"
Dasar - Dasar Macromedia Flash
Publish: 08 Mei 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial
Pernahkah anda melihat gambar animasi atau pernahkah anda melihat kartun yang setiap hari ditayangkan di televisi? salah satu aplikasi pembuat animasi dan kartun tersebut adalah Macromedia Flash...
Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya anda kenali dulu dasar-dasar FLASH
Di bawah ini merupakan window dari Flash MX
Di bawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Flash MX secara detail:
- Timeline, digunakan untuk mengatur dan mengontrol isi keseluruhan movie Anda.
- Stage, merupakan tempat dimana Anda bekerja dalam membuat sebuah animasi.
- Tools Box, berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar objek pada stage.
- Color Window, merupakan window yang digunakan untuk mengatur warna pada objek yang Anda buat.
- Actions – Frame, merupakan window yang digunakan untuk menuliskan Action Script untuk Flash MX.
Biasanya Action Script digunakan untuk mengendalikan objek yang Anda buat sesuai dengan keinginan Anda.
- Properties, merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang Anda buat.
- Components, digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.
Terima kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar